Tips Memilih PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)

Kumpulan Tips Memilih PKBM bagi orang tua ataupun pelajar untuk mendapatkan paket A, Paket B, Paket C, ijazah homeschooling, ataupun ketrampilan life skill.

Tulisan sederhana ini semoga membantu dan memberikan tips praktis bagi pembaca website muslimsolo.com. Berikut ulasan selengkapnya:

Apa itu PKBM

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga pendidikan nonformal yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat melalui kegiatan belajar yang diselenggarakan secara terstruktur.

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) juga lembaga tempat ujian persamaan untuk mendapatkan ijazah Paket A, Paket B, ataupun Paket C.

PKBM sendiri dijalankan oleh pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, atau perorangan.

PKBM biasanya menyelenggarakan kegiatan belajar seperti sekolah atau life skill yang berkaitan dengan bidang-bidang seperti komputer, menjahit, agribisnis, seni, atau pelatihan keahliannya.

Kegiatan belajar di PKBM biasanya diadakan di lokasi yang terpisah dari tempat tinggal atau bekerja peserta, seperti di sekolah atau di gedung belajar yang disediakan oleh PKBM.

PKBM dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan atau pengetahuan namun tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk mengikuti kegiatan belajar di lembaga pendidikan formal seperti sekolah atau universitas.

PKBM juga dapat menjadi salah satu sumber informasi bagi masyarakat yang ingin memperoleh pengetahuan baru atau meningkatkan keterampilan dalam bidang tertentu.

Mengapa orang memilih PKBM?

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga yang menyelenggarakan kegiatan belajar bagi masyarakat umum, terutama bagi mereka yang tidak memiliki akses ke pendidikan formal atau ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka di luar sekolah.

PKBM biasanya menyelenggarakan berbagai kelas atau program pelatihan yang berkaitan dengan bidang keahlian, bahasa, komputer, dan lainnya.

Ada beberapa alasan mengapa orang mungkin memilih untuk belajar di PKBM:

  1. Aksesibilitas

PKBM biasanya terletak di lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga mudah diakses bagi mereka yang tidak memiliki transportasi atau yang tinggal jauh dari sekolah formal.

  1. Biaya terjangkau

PKBM biasanya menawarkan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sekolah formal, sehingga lebih terjangkau bagi mereka yang tidak memiliki banyak uang.

  1. Kegiatan belajar yang fleksibel

PKBM biasanya menawarkan kegiatan belajar yang fleksibel, seperti kelas pagi, sore, atau malam hari, sehingga sesuai dengan jadwal yang sibuk.

Bahkan ada PKBM yang menawarkan kelas online dan tidak mensyaratkan tatap muka.

  1. Pelatihan yang spesifik

PKBM biasanya menyelenggarakan pelatihan yang spesifik sesuai dengan kebutuhan dan minat peserta, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk memperoleh keterampilan yang diinginkan.

  1. Lingkungan belajar yang ramah

PKBM biasanya menciptakan lingkungan belajar yang ramah dan santai, sehingga lebih nyaman bagi peserta belajar.

Tips Memilih PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM):

  1. Pastikan PKBM tersebut terdaftar dan memiliki izin resmi dari pemerintah.

Ini untuk memastikan bahwa PKBM tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah dan dapat dipercaya.

Selain itu, PKBM resmi dapat mengeluarkan ijazah persamaan yang dibutuhkan baik untuk Paket A, Paket B, atau Paket C.

  1. Cari tahu reputasi PKBM

Anda dapat mencari informasi tentang PKBM tersebut melalui media sosial, forum, atau menanyakan kepada teman atau keluarga yang pernah mengikuti kegiatan belajar di PKBM tersebut.

Selain itu, dapat juga melalui tulisan dalam website yang mengulas PKBM yang anda cari. Anda juga dapat membaca ulasan di google maps.

  1. Cari tahu tentang kualifikasi dan pengalaman dosen atau instruktur yang mengajar di PKBM tersebut.

Pastikan bahwa dosen atau instruktur tersebut memiliki kualifikasi yang sesuai dengan bidang yang akan Anda pelajari, serta memiliki pengalaman yang cukup dalam mengajar.

  1. Cari tahu tentang metode pembelajaran yang digunakan oleh PKBM tersebut.

Pastikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar Anda.

PKBM pun bermacam-macam dalam metode pembelajarannya. Ada yang mensyaratkan untuk tatap muka sekian kali dalam sepekan, laporan online selayaknya sekolah, atau ada yang lebih fleksibel lagi.

Tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Terlebih apabila anda merupakan keluarga homeschooling, tentu perlu menyesuaikan sesuai kebutuhan dan mensupport model homeschooling keluarga anda.

  1. Cari tahu fasilitas yang disediakan oleh PKBM tersebut.

Pastikan bahwa PKBM tersebut memiliki fasilitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, apakah PKBM tersebut memiliki ruang kelas yang cukup luas, peralatan yang memadai, dan fasilitas lain yang diperlukan.

Tentu ini opsi ini menjadi pertimbangan apabila menjadikan PKBM sebagai pengganti sekolah dan kegiatan belajar mengajar secara offline.

  1. Biaya Pendidikan di PKBM

Cari tahu tentang biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan belajar di PKBM tersebut. Pastikan bahwa biaya yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan Anda, serta memperhatikan fasilitas dan kualitas yang ditawarkan.

  1. Lokasi PKBM

Opsi ini kami letakkan di pilihan terakhir, sebab lokasi PKBM tidak seperti sekolah yang harus masuk setiap hari.

Bahkan, karena beberapa faktor, PKBM terdekat justru tidak menyediakan model pembelajaran yang sesuai, maka tidak harus memilih yang terdekat.

Namun, ada beberapa hal yang orang tua tetap mencari lokasi yang terdekat karena menjadikan PKBM sebagai pengganti sekolah.

Contohnya seperti anak putus sekolah karena menjadi korban bullying di sekolah, karena anak anak berkebutuhan khusus, atau karena hal lainnya. Maka, lokasi menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.

Cara Mencari PKBM Terdekat

Berikut beberapa cara mencari informasi PKBM terdekat:

  1. Melalui Google

Buka google melalui link ini https://www.google.com/, kemudian ketikkan PKBM (Spasi) Nama Kota.

Perlu dipahami, tidak semua yang berada di halaman pertama benar-benar berada di kota tersebut.

Pastikan untuk membaca informasi di website dengan cermat dan telpon/whatsapp nomor yang disediakan.

Pastikan PKBM tersebut benar-benara di kota yang anda cari, sehingga anda tidak kecewa ketika sudah membayar biaya pendaftaran ternyata tidak berada di kota anda.

  1. Melalui Google Maps

Buka google maps melalui link ini https://maps.google.com/, kemudian ketikkan PKBM (Spasi) Nama Kota

Nantinya akan banyak pilihan. Silahkan kontak atau baca ulasan dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Apabila tidak ada, coba ganti dengan nama kota terdekat agar mendapatkan PKBM terdekat yang sesuai.

Tanya Jawab Seputar PKBM

Berikut beberapa pertanyaan seputar PKBM yang sering ditanyakan:

PKBM termasuk Sekolah apa?

Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 butir 10 yang menyatakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang sering disingkat sebagai PKBM sebagai salah satu satuan pendidikan nonformal.

Apakah lulusan PKBM bisa kuliah?

Lulusan Paket C setara SMA IPS ternyata juga bisa daftar KIP Kuliah. Ini menjadi bukti bahwa alumni pendidikan kesetaraan mempunyai hak yang sama dengan lulusan dari sekolah formal.

Apakah PKBM mengeluarkan ijazah?

Mulai tahun 2017 ini Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) memiliki wewenang untuk menerbitkan ijazah pendidikan kesetaraan.

Hal ini dikaitkan dengan implementasi bahwa penetapan kelulusan dilakukan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan (Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Pasal 72 ayat 2).

Apabila ada pertanyaan, jangan lupa untuk meninggalkan komentara di bawah ini.

Apakah ada PKBM Online?

Ada. Ada PKBM yang tidak mensyaratkan harus ada tatap muka secara offline. Nantinya kegiatan belajar mengajar, penilaian, ataupun ujian dilakukan secara online.

Meskipun, nantinya ada satu masa dibutuhkan untuk offline, namun itu hanya untuk beberapa kebutuhan yang tidak bisa dilakukan secara offline.

Leave a Comment